5 Kesalahan Pengemudi Mobil Manual yang Bikin Boros Bensin

Mobil dengan konsumsi bahan bakarnya irit tentunya dambaan banyak orang.

Hanya saja perlu ingat, mobil yang irit bensin juga ditentukan dari bagaimana gaya berkendara dan kebiasaan yang sering dilakukan. Agus Mustafa, Technical Support Auto2000 yang sekaligus pemilik bengkel AGS Automatic memaparkan ragam kebiasaan yang ternyata merupakan kesalahan, sehingga menjadi pemicu mobil manual lebih boros BBM.


5 kesalahan pengemudi yang bikin mobil manual boros bensin


1. Mengganti gigi pada putaran mesin tinggi

Berdasarkan pemaparan Agus, jangan hobi mengoper gigi pada putaran mesin yang tinggi. Sebisa mungkin, hindari tachometer menyentuh angka batas maksimal (lebih dari 2.000-2.500 rpm) pada saat mengoper gigi.


2. Mengabaikan posisi gigi yang tidak sesuai

Khusus mobil bertransmisi manual, salah satu hal yang menjadi faktor mobil kamu sering ‘minta minum’ adalah abai terhadap posisi gigi. Menurut Agus, seringkali mobil terasa berat atau bahkan ‘ngeden’ pada saat posisi gigi tidak seusai, tapi hal tersebut sangat jarang diperhatikan oleh sang pengemudi.

"Kalau sekali dua kali sih mungkin tidak akan jadi masalah. Tapi kalau sering seperti itu, bisa dipastikan mobil akan lebih boros BBM. Kalau mobil sering ‘ngeden’ itu pada saat-saat seperti bensin akan cepat sekali terbakarnya. Malah kalau sering seperti ini juga kampas koplingnya juga pasti akan cepat aus," jelas Agus.


3. Mobil dengan muatan berlebih


Beban mobil juga berpengaruh langsung terhadap efisiensi bahan bakar mobil. "Muatan berlebih pada kendaraan dapat menghambat tenaga mesin yang tentunya akan langsung berimbas pada konsumsi bahan bakarnya. Pada saat beban mobil itu berat, konsumsi bahan bakarnya juga akan lebih banyak, jadi kalau bisa bawa muatan yang sekiranya perlu saja," ujar Agus.


4. Malas servis berkala


Mobil yang jarang mendapatkan perawatan pasti akan rawan terkena penyakit, salah satunya konsumsi bensin mobil menjadi sangat boros. "Sudah ada buku pedoman servis yang diberikan pada saat membeli mobil, jadi seharusnya sudah tidak ada alasan bagi pemilik kendaraan untuk malas melakukan servis berkala," terang Agus.


5. Memacu kecepatan tanpa tahapan


Nah, mungkin poin ini yang sering di acuhkan oleh pengendara mobil. Alih-alih ingin cepat sampai, biasanya mereka akan langsung saja tiba-tiba menginjak pedal secara dalam, untuk mendapati akselerasi instan dan kecepatan maksimal. Kalau mau melaju dengan kecepatan tinggi, pada saat berakselerasi jangan tiba-tiba menginjak gas, lalu tiba-tiba mengerem. Karena pada saat menginjak pedal gas langsung secara dalam begitu juga saat melakukan pengereman, di situ konsumsi bahan bakar juga akan jauh lebih besar," tutur pria yang akrab disapa Pak Haji itu.

Oke, sudah paham 5 kesalahan pengemudi yang dimaksud? Jangan diulangi ya supaya mobil Anda tetap irit bensin.



Dapatkan penawaran menarik dari kami Tetransport Yogyakarta Hanya dengan membayar Rp 500.000 sudah termasuk mobil, pengemudi dan bahan bakar. Special untuk blogger buddies masukan kode 'HELLO' dalam formulir pemesanan nikmati potongan harga s/d 5%. Book Now! Pay Latter. Book Online.


#Transmisi #Manual #Yogyakarta #Indonesia

Tulisan ini berasal dari redaksi Kumparan.

Tim Editor.

Aditya Pratama Niagara - Writer

Gesit Prayogi - Editor

7 views
 

Subscribe Form

+6282122745255

+62274-2882040

Jl. Perum Sleman Permai 2 No. A/2, Mlati, Yogyakarta, Indonesia 55286

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram

Copyright © 2020