4 Tempat Parkir Mobil yang Harus Dihindari

Memilih tempat parkir untuk mobil kesayangan memang tidak boleh sembarangan.

Lokasi parkir harus dipastikan keamanannya, baik dari tindak kejahatan atau pun potensi berbahaya lainnya yang bisa merusak bagian kendaraan roda empat. Pasalnya, ada beberapa lokasi yang bisa dikatakan tidak bersahabat dengan kendaraan roda empat. Tentunya, lokasi-lokasi tersebut tidak disarankan untuk menempatkan mobil kesayangan agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan.


Setidaknya ada empat lokasi parkir yang sebaiknya dihindari


1. Di bawah pohon

Tempat parkir pertama yang perlu dihindari adalah di bawah pohon. Mungkin selama ini tidak sedikit yang beranggapan bahwa menempatkan mobil di bawah rindangnya pepohonan bisa menghindarkan dari sinar matahari langsung. Pendapat tersebut ada benarnya, tetapi di balik hal itu ternyata ada ancaman lainnya yang justru bisa lebih berbahaya dari sinar matahari. Seperti tertimpa batang pohon, buah atau bahkan pohon yang sewaktu-waktu bisa tumbang. Selain itu, ancaman lainnya adalah mobil terkena kotoran burung atau pun getah pohon. Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, getah dari pohon kadang mempunyai sifat jahat pada cat dan bisa menyebabkan kerusakan. “Beberapa jenis pohon memiliki getah yang sangat jahat, getah bisa masuk sampai ke pori-pori dan sulit dibersihkan meski sudah dipoles,” ujar Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu. Selain getah, tambah Suparna, kotoran burung juga bisa merusak cat jika tidak segera dibersihkan.


2. Di bawah sinar matahari langsung

Menempatkan mobil di lahan yang terkena sinar matahari secara langsung juga sangat tidak disarankan. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dan berlangsung lama akan menyebabkan kerusakan pada bagian cat mobil. Cat lama kelamaan akan menjadi kusam dan mengurangi keindahan tampilan kendaraan. Pemilik bengkel spesialis Worner Matic Hermas Efendi Prabowo mengatakan, jika mobil diparkir di bawah sengatan matahari secara langsung dalam waktu lama, bisa menyebabkan kerusakan pada eksterior mobil atau bagian catnya.


3. Tirisan air hujan

Memilih tempat parkir sebaiknya yang benar-benar terlindungi dari berbagai ancaman yang bisa merusak kendaraan. Salah satu lokasi parkir yang juga perlu dihindari adalah di bawah tirisan air hujan. Hermas mengatakan, ada risiko yang mengancam jika pemilik kendaraan nekat menempatkan mobilnya di bawah tirisan air hujan dalam waktu yang lama. Air hujan bisa masuk ke dalam bagian mesin atau filter dan terhisap ke intake sehingga bisa berakibat terjadinya kerusakan. “Kalau mobil diparkir di bawah tirisan air hujan, bisa terciprat airnya masuk ke filter dan kehisap di intake dan merusak mesin,” tuturnya.


4. Jauhkan dari jangkauan tikus

Tempat parkir yang perlu dihindari terakhir adalah lokasi yang mudah dijangkau oleh hewan pengerat seperti tikus. Tidak dipungkiri, tikus seringkali bersarang di ruang-ruang yang ada di dalam mobil. Seperti ruang mesin bahkan sampai ke dalam kabin. Keberadaan hewan pengerat tersebut tidak hanya akan meninggalkan bau yang tidak sedap tetapi juga merusak komponen mobil. Hermas mengatakan, saat memarkirkan mobil terutama jika ditinggal lama sebaiknya mencari tempat yang aman dan teduh. “Tempatkan mobil di garasi yang ada atapnya dan jauhkan dari jangkauan tikus. Karena, tikus berbahaya kalau tidak diantisipasi merusak kabel, selang-selang. Biasanya yang dekat kebun lebih berisiko,” katanya.



Dapatkan penawaran menarik dari kami Tetransport Yogyakarta Hanya dengan membayar Rp 500.000 sudah termasuk mobil, pengemudi dan bahan bakar. Special untuk blogger buddies masukan kode 'HELLO' dalam formulir pemesanan nikmati potongan harga s/d 5%. Book Now! Pay Latter. Book Online.


#Tempat #Parkir #Yogyakarta #Indonesia

Tulisan ini berasal dari redaksi Kompas.

Tim Editor.

Ari Purnomo - Writer

Aditya Maulana - Editor

0 views
 

Subscribe Form

+6282122745255

+62274-2882040

Jl. Perum Sleman Permai 2 No. A/2, Mlati, Yogyakarta, Indonesia 55286

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram

Copyright © 2020